egymedicine.net merupakan blog yang informasi terkini untuk para remaja.

Selasa, 13 Oktober 2020

6 Poin Plus Asuransi Syariah, Sudah Tahu?

Pamor asuransi syariah semakin melejit dari tahun ke tahun. Hal ini tentu saja disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk pertanggungan yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan asuransi syariah. Dasar hukum Islam yang digunakan serta pengawasan dari pihak tepercaya menambah keunggulan produk asuransi syariah. Memang, apa saja sih keunggulan produk pertanggungan ini?

6 Poin Plus Asuransi Syariah, Sudah Tahu

Cari tahu jawabannya, yuk!

1.     Dana Premi Dapat Dicairkan

Keunggulan pertama adalah tidak adanya sistem dana hangus. Ya, dana premi yang dibayarkan tiap bulan oleh masing-masing peserta tidak akan hangus kalau tidak pernah dicairkan dalam bentuk klaim. Sehingga, bila ada sisa dana bersama di akhir masa kepesertaan, uang tersebut akan dikembalikan kepada setiap peserta yang tidak pernah mengajukan klaim.  

2.     Memiliki Prinsip Gotong Royong

Keuntungan kedua adalah memiliki prinsip gotong royong. Prinsip ini terwujud dalam sistematika penyimpanan dana nasabah, yang disatukan dalam wadah atau media bernama dana tabarru’. Menurut laman Beritagar, dana tabarru’ adalah dana setoran seluruh nasabah yang nantinya akan digunakan untuk membantu nasabah lain ketika ia mengalami risiko. Dengan begitu, dana yang peserta setorkan akan dimanfaatkan untuk peserta saja. Sedangkan perusahaan asuransi hanya berperan sebagai perantara agar bisa saling membantu nasabah yang memerlukan pertolongan.

3.     Bersifat Terbuka

Agen asuransi syariah selalu memegang prinsip keterbukaan dalam menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan para nasabah. Keterbukaan di sini berkaitan dengan polis dan keuntungan. Petugas perusahaan asuransi harus memberikan penjelasan tentang semua program asuransi syariah yang tertulis dalam pada polis serta sistematika perputaran dana secara detail.

Dengan demikian, peserta bisa tahu asal-muasal serta sumber manfaat yang diterimanya. 

4.     Adil untuk Semua

Semua yang terlibat harus mendapatkan porsi yang adil. Hal ini dapat terlaksana karena kehadiran dana tabarru’ dan prinsip transparasi yang diusung oleh perusahaan asuransi syariah. Oleh karena itu, petugas perusahaan asuransi akan selalu membeberkan semua informasi dengan lengkap agar tidak menimbulkan kesalahpahaman atau memunculkan persepsi bahwa nasabah akan dirugikan.

5.     Adanya Pengawasan dari DPS

Seperti yang sudah disebut di paragraf pembuka, asuransi syariah memiliki pengawas tepercaya. Pihak tersebut bernama  DPS atau Dewan Pengawas Syariah, yang keanggotaannya dipilih langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tim ini bertugas untuk menjaga dan mengontrol implementasi aturan-aturan syariah dalam produk-produk pertanggungan yang dijual oleh perusahaan syariah. Sehingga, perusahaan tidak bisa semena-mena dalam membuat program atau menempatkan dana nasabahnya.

6.     Bersifat Universal

Asuransi syariah dapat diakses siapa saja tanpa memandang agama dan keyakinan, asalkan bersedia menaati semua peraturan. Jika mendapati kendala terutama mengenai istilah-istilah yang dipakai maka jangan ragu untuk menanyakan kepada agen asuransi. 

Adanya transparansi, sifatnya yang universal, dan berbagai keunggulan lainnya seperti yang sudah dibahas di atas menjadikan asuransi syariah banyak diminati oleh berbagai kalangan nasabah. Jika Anda juga tertarik untuk memiliki pertanggungan ini, Anda bisa membeli produk-produk dari Allianz Indonesia yang kualitasnya tepercaya. Semoga bermanfaat.

Share:

Categories